Mencari Tema Cerita



Hari ini dapat kabar bahwa ada lomba menulis cerpen islami. Melihat hadiahnya sungguh menggiurkan. Tapi novel islami? Entahlah. Meski muslim tapi ada rasa tidak percaya diri disana. Pemahamanku akan Islam tidak begitu banyak. Sangat sederhana. Mengupasnya menjadi sebuah cerita, bukanlah suatu tindakan yang bijaksana.

Jujur, aku pengen ikut. Bukan saja karena hadiahnya, tapi aku pengen memberi warna baru di novel islami. Sebuah novel dengan bumbu komedi. Tidak terlalu serius seperti  pada beberapa sejenis yang pernah kubaca. Sayangnya, aku belum menemukan tema yang tepat. Akan terasa sangat berat untukku sepertinya.

Menurut salah satu mentor pelatihku dalam kelas fiksi dan artikel, akan lebih baik kita tidak mengambil tema yang tidak kita kuasai. Karena kita akan kelelahan sendiri mencari bahan cerita atau berita (untuk kepenulisan artikel). Ujung-ujungnya kita akan sering merasakan writers block, atau kehabisan ide. Be yourself. Jangan berusaha menjadi orang lain, itu lebih mudah.

Tapi apakah salah jika ingin mengikuti arus? Tentu saja tidak. Tapi mungkin jika terlalu dipaksakan, hasilnya tidak akan maksimal. Sayang waktu dan tenaga. So, wahat to do?
 
Mungkin lebih baik keinginan ini diendapkan dulu. Mencoba mengamati keadaan sekitar. Siapa tahu tersimpan sebuah ide di sana. Namun bilatidak menemukan, sepertinya mengiklaskan akan lebih mudah. What do you think readers?

Komentar

Postingan Populer